Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog

Penalti Rossi di Austin, Ini Alasan Utamanya

Keberhasilan Valentino Rossi memuncakki klasemen sementara motoGP saat ini diwarnai oleh hukuman penalti yang dilayangkan pihak penyelenggara MotoGP. Mengenai hal tersebut, direktur perlombaan, Mike Webb, kemudian angkat bicara.

Sebagaimana diketahui, rider Yamaha Movistar memang sempat terlibat insiden senggolan dengan Zarco yang menunggangi Yamaha Movistar tech 3 pada race di austin senin kemarin (24/04). Insiden senggolan tersebut membuat Rossi nyaris terjatuh, tapi beruntung dia medapatkan keseimbangan, namun keluar jalur selam 0.3 detik.

Justru keuntungan yang didapat Rossi dari insiden itu, karenanya, jarak dengan peringkat pertama, Marc Marquez menjadi semakin dekat, dan akhirnya finish sebagai runner up. Kendati tentu tidak ada unsur kesengajaan dalam insiden itu, namun Mike Webb tetap menganggapnya sebagai keuntungan dari pemotongan jalur. Hanya saja, jika memang itu dilakukan secara sengaja, maka hukuman penalti yang didapat Rossi akan lebih besar.

"Pebalap tidak boleh mendapatkan keuntungan dari keluar jalur. Yang terjadi pada Rossi jelas sebuah keuntungan, karena menjadi dekat dengan (Marc) Marquez. Jadi kami, memotong keuntungan yang didapat," 

"Rossi meninggalkan lintasan tanpa sengaja. Dia keluar lintasan karena terpaksa. Bila seorang pebalap dengan sengaja meninggalkan lintasan dan mendapatkan keuntungan, maka penaltinya akan lebih besar. Di kasus ini jelas bahwa Rossi tidak salah hingga harus keluar lintasan. Namun, sangat jelas pula bahwa dia mendapatkan keuntungan dari hal tersebut," kata Webb seperti dilansir Crash.

Berkat finish sebagai runner up untuk kali kedua di MotoGP tahun ini, Rossi secara otomatis naik ke peringkat puncak klasemen sementara dengan keunggulan enam poin atas rival terdekatnya, Maverick Vinales yang justru mengalami Crash pada lap kedua di Austin kemarin.

Top